Nama Diri dan Identitas Sosial Orang Selayar: Suatu Kajian Sosiologi

0
380 View
Ilustrasi. – Foto: Vscmedia

Penelitian ini bertujuan mengetahui hakikat nama diri bagi Orang Selayar, transformasi nilai dan degradasi makna pada nama-nama kultur masyarakat selayar, dan prospek serta bentuk-bentuk upaya mempertahankan nama kultur di era modern. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang Selayar memiliki alasan-asalan sosio-kultural dalam mereproduksi identitas sosial pada pemilihan dan pemberian nama bagi anaknya yang baru lahir. Dalam tradisi masyarakat Selayar tempo dulu dan sebagian masih berlaku hingga sekarang, nama seseorang merupakan bagian penting yang menentukan derajat sosial mereka. Dengan demikian, berbagai latar sikap eklektif dalam menentukan nama, menjadi menarik dijadikan bidang telaah terutama dalam perspektif ilmu sosial.

Dalam perkembangannya, nilai-nilai sosio-kultural di balik nama diri di kalangan masyarakat Selayar mengalami perubahan seiring terjadinya transformasi sosial karena pengaruh Islam dan modernisasi dalam berbagai aspek serta dimensi kehidupan sosial. Karena itu, diperlukan berbagai upaya mempertahankan nama-nama kultur tersebut.

Sumber: Online Journal System UNM

Download File PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *