Kue Sengkang, Penganan Khas Selayar

0
652 View

Kue Sengkang adalah kue atau penganan khas Selayar berbentuk menyerupai Candi Borobudur, dengan isi kenari atau kacang tanah bercampur gula merah. Dari bentuknya inilah sehingga orang juga sering menyebutnya kue Borobudur.

Menurut cerita rakyat jenis kue khas Selayar ini pada zaman kerajaan terbilang elit karena hanya kalangan keluarga atau kerabat penguasa yang dapat mencicipinya. Namun saat ini bisa dikonsumsi secara bebas terutama telah jadi kue lebaran dan bahkan telah dijual di pasar. Jika anda ingin mencicipi silahkan membelinya di pasar Kabupaten Kepulauan Selayar atau di warung-warung terdekat. Bahkan bagi anda yang menumpang kapal Fery ke atau dari Selayar, dapat memperolehnya di pelabuhan Pamatata.

Lalu mengapa di kue berbentuk Candi Borobudur ini dinamakan kue Sengkang? Panasaran, kan?. Daeng HB (55 tahun), seorang ibu rumah tangga pembuat sekaligus penjual kue Sengkang keliling di pasar-pasar tradisional Selayar, kepada Selayarnesia.com menceritakan secara singkat. Dahulu menurut dia, proses membentuk kue Sengkang menyerupai Candi Borobudur, dilakukan melalui alat serupa pingset dan membutuhkan waktu untuk membentuknya. Alat pingset ini dalam Bahasa Selayar dinamakan Sengkang (biasa juga digunakan mencabut rambut putih/uban). Kemungkinan inilah alasan menamakannya kue Sengkang. Namun dalam perkembangannya telah diciptakan alat cetakan terbuat dari bahan kayu, sehingga memudahkan membuat kue ini serta cepat.

Cara membuat kue Sengkang ini sangat mudah yakni pertama-tama bahan yang disiapkan adalah tepung beras, gula pasir, mentega, dan vanily. Selain itu, pastikan bahwa telah tersedia kenari atau kacang yang telah dicampur gula merah.

Cara membuatnya: masukkan telur dan gula pasir ke dalam wadah lalu kocong hingga mengembang. Setelah itu masukkan mentega, tepung beras, terigu, dan vanili kemudian aduk hingga merata.
Isi adonan dengan kenari atau kacang tanah yang telah dicampur gula aren tadi dan setelah itu masukkan ke dalam cetakan.

Setelah dilakukan berulang-ulang dan telah menghasilkan beberapa buah calon kue, maka segeralah memanggangnya sekira 5 menit lamanya. Keluarkan sejenak lalu olesi dengan kuning telur di permukaannya kemudian panggang kembali sekitar 1 menit lebih. Selanjutnya, keluarkan dan jadilah kue Sengkang atau kue Borobudur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *