Kuasa Belanda di Nusa Selayar

0
471 View
Kediaman Controleur Belanda di Selayar (1900-1940), yang kini dijadikan rumah jabatan bupati Kepulauan Selayar. – Foto: Koleksi KITLV.

Pembentukan struktur pemerintahan masa kolonial Belanda, menunjukkan bahwa Selayar memang merupakan wilayah yang sangat penting kedudukannya. Selama kurun waktu 1739-1820 Selayar diberi status keresidenan dengan pangkat pejabatnya yakni Residen. Penempatan Residen diduga terkait dengan posisi Selayar yang berada di jalur lalu lintas pelayaran niaga dan militer antara Sulawesi Selatan dengan Sulawesi Tenggara dan Maluku, serta antara Jawa dengan Maluku.

Pulau Selayar berfungsi sebagai tempat transit bagi perahu yang terhalang ombak, tempat pengintai keamanan pelayaran yang lewat di sekitar laut Selayar dan tempat menetap bagi petani kelapa dan nelayan. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa selain karena faktor politik, indikator potensi Sumber Daya Alam (SDA) atau potensi ekonomi yang prospektif menyebabkan wilayah ini di kelak kemudian hari tampil sebagai daerah tingkat II.

Sumber: Sulawesi Selatan Tempo Doeloe: Mozaik Sejarah Lokal/google scholar

Baca artikel lengkap, Download File FDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *