Inilah 17 Distrik di Wilayah Onderafdeling Selayar

0
361 View
Peta Selayar. — Foto: Nusa Selayar, 2016

Berdasarkan Surat Keputusan Let Governeur General Tanggal 16 Januari 1947 No. 2 dan 3 yang termuat Stb. 1947 No. 9 dan 10 yang berisi Swapraja baru di lingkungan Afdeling Makassar dan Afdeling Bonthain yang akan menggantikan pemerintahan tingkat Orderafdeling yang dipimpin oleh Controleur, maka Swarpraja baru di lingkungan Afdeling Bonthain adalah: (1) Bonthain dengan sebuah Hadat Bonthain, (2) Bulukumba dengan sebuah Hadat Bulukumba, (3) Sinjai dengan sebuah Hadat Sinjai, dan (4) Selayar dengan sebuah Hadat Selayar.

Onderafdeling (setingkat kecamatan) atau Swapraja baru di Selayar dikepalai oleh Muhammad Ali Karaeng Bonto. Adapun sebaran wilayahnya, terdiri atas 17 buah distrik (persekutuan Adat). Sebanyak 10 di antaranya berada di Selaya daratan dan 7 berada di Selayar kepulauan.

Adapun distrik yang dimaksud adalah (1) distrik Tanete dengan Pulau Pasi Tanete, (2) Distrik Batangmata, (3) Distrik Onto, (4) Distrik Boke, (5) Distrik Bonea, (6) Distrik Bonea, (7) Distrik Bontobangun dengan pulau Pasi, (8) Distrik Ballabulo, (9) Distrik Laijo dengan pulau Malimbu dan Guang, (10) Distrik Barang-Barang, (11) Distrik Tambolongan, Polassi, Bahuluang, (12) Distrik Kayuadi terdiri dari Pulau Kayuadi, Pulau Kayu Padjang, Pulau Kaona, Pulau Tanamalala, Pulau Bembe, (14) Distrik Kalao, (15) Distrik Bonerate terdiri dari Pulau Bonerate, Pulau Ternate, Pulau Tunisan, (16) Distrik Rajuni, (17) Kalaotowa yang terdiri dari Pulau Kalaotowa, Pulau Karampa, Pulau Jadi dan Pulau Madu.

Sumber: Buku Nusa Selayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *