Bahasa Selayar Bukan Bahasa Makassar

0
256 View
Klik gambar ini

Bahasa Selayar merupakan Bahasa Austronesia yang penuturnya bermukim di Pulau Selayar dan pulau-pulau lainnya di kabupaten ini. Bahkan sebuah desa bernama Desa Selayar di Lingga Kepulauan Riau (Kepri), penduduknya menggunakan Bahasa Selayar sebagai alat berkomunikasi. Demikian pula penduduk Pulau Bugin di Sumbawa, Nusa Tenggara Timur pun menggunakan Bahasa Selayar. Di Gomoligi dan Bombong Layang, Toli-Toli Sulawesi Tengah juga penduduknya menggunakan Bahasa Selayar. Selain itu, Di Desa Watuliwu Kolaka Utara Selawesi Tenggara, juga ada komunitas penutur Bahasa Selayar dan tentu di daerah lain pun masih ada.

Kenyataan ini menunjukkan bahwa Bahasa Selayar bukan hanya sebagai alat berkomunikasi masyarakat lokal di Kepulauan Selayar, tetapi merupakan Lingua Franca. Pertanyaan menarik yakni mengapa Bahasa Selayar yang sejauh ini dianggap Bahasa Makassar dialek Konjo, memiliki sangat banyak kosa kata yang berbeda dan tidak mirip dengan Bahasa Makassar?

Berikut ini dikemukakan kosa kata Bahasa Selayar yang berbeda dengan Bahasa Makassar. Model penyajiannya secara berurut dimulai dari Bahasa Indonesia = Bahasa Selayar – Bahasa Makassar.

Selengkapnya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *