A’ge’dang, Lomba Lari dengan Sandal Tempurung

0
294 View
Ilustrasi. A’ge’dang sebagai salah satu permainan tradisional masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar. – Foto: repro/selayarnesia

A’ge’dang atau A’go’dang merupakan salah satu permainan tradisional masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, yang menggunakan batok kelapa atau tempurung sebagai alas kaki menyerupai sepasang sandal jepit. Batok kelapa dibelah dua lalu dibuat bocoran untuk memasukkkan tali sepanjang satu meter lebih sebagai pegangannya.

Pada zaman dahulu permainan tradisional yang dapat dijumpai pada hampir semua masyarakat di Nusantara ini sangat digemari banyak orang, terutama anak-anak. Cara memainkannya yakni diadakan lomba lari oleh beberapa orang anak dari garis start menuju finish sekira 5 hingga 6 meter. Pemenangnya ditentukan berdasarkan siapa yang paling awal tiba di garis finish.

Sebagian atau beberapa kampung di Selayar, menamakan permainan ini dengan Akka’daro yang diambil dari nama bahan permainannya yakni tempurung atau batok kepala.

Selain sebagai sarana permainan dan hiburan, A’ge’dang ini dapat berfungsi melatih saraf motorik, keseimbangan, koordinasi dan kelincahan tubuh seseorang yang memainkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *